Jatisari, 26 – 30 Agustus 2013
1. Penelitian
(Riset)
2. Perancangan
(Design)
3. Perencanaan
(Plan)
4. Koordinasi
Pelaksanaan (event)
5. Penelitian
Kembali (Evaluasi)
Tujuan Penelitian Awal :
Memastikan
mengapa, untuk siapa, apa, dimana, kapan, dan bagaimana pameran harus dibuat.
Menentukan
dengan tepat kebutuhan, keinginan, minat dan harapan serta persyaratanyang
akan diterapkan (Penyelenggara, Peserta, pengunjung).
Mengurangi
resiko sepi pengunjung dan resiko kejadian lain yang dapat menghambat.
Untuk
mengetahui trend baru yang diminati masyarakat (Hasil kajian/teknologi terapan
yang disukai petani).
Penelitian tentang “sasaran”
:
Mendapat
profil sasaran (demografi, psikografi, budaya, dan behavior dari komunitas yang
ada)
Memastikan
apa yang menjadi keinginan, harapan, dan kebutuhan para stake-holders (termasuk
mutu layanan dan layanan saat pelaksanaan).
Mempelajari
adanya Trend baru dalam masyarakat.
Stake Holders Pameran :
Penyelenggara
(BBPOPT)
Pelaksana
Acara (EO) – Semua karyawan/wati BBPOPT
Peserta
(Siapa yang diundang untuk mengisi stand?, ada 23 stand ukuran 3x3 m) BBPOPT 2
stand.
Penonton/pub
lik/pengunjung (Petani, petugas, pelajar/mahasiswa, dan umum)
Penampil
(pengisi acara) Nara sumber dari Instansi terkait, Perguruan tinggi dan Petani
berprestasi.
Pemasok
(Mitra Kerja) – Perusahaan/Formulator, Instansi, kelompok tani, dll.
Pengamat
(Media, Politisi, Umum, dll)
Mendesain Event Pameran :
Dimensi
– dimensi dalam pameran (brand & identity)
- Nuansa,
suasana dan dekorasi (Theme, atmosphere, look & feel, design)
- Food & beverages
(Walau bukan yang utama tapi sangat berperan, memilih catering dan peserta
pameran yang sesuai)
- Aktifitas
(acara/program/souvenir) : aktifitas utama, aktifitas penunjang,
souvenir/memorabilia yang berkaitan dengan identitas pameran.
Komunikasi
(Marketing & Promotion, PR & Publication)
- Materi
Pemasaran
- Strategi
Pemasaran
- Strategi
media (Website, Jejaring Sosian (FB, Tweeter)
- Penyusunan
isi (naskah)
- Desain
- Implementasi
Kelengkapan
dan Petunjuk (Fasilitas & Sign System)
Identitas Pameran : Gelar teknologi Pengamatan, Peramalan dan Pengendalian OPT (P3OPT) yang ramah lingkungan.
Identitas Pameran : Gelar teknologi Pengamatan, Peramalan dan Pengendalian OPT (P3OPT) yang ramah lingkungan.
Fasilitas
dan petunjuk
- Akses
dan kemudahan transportasi
- Lokasi
(keamanan dan kenyamanan)
- Kebutuhan
umum (Toilet, Parkir dll)
- Peletakan
tanda-tanda petunjuk (Terbaca, Jelas, Cukup jumlahnya)
Nuansa
Dekorasi
- Berkaitan
dengan identitas, tujuan, tema dan profil pengunjung (Masyarakat Tani, Petugas
lapang PPL, POPT dll)
- Pengolahan
data dengan kreatifitas dan pengalaman (Logo Event, desain keseluruhan, desain
stand dan petunjuk)
- Suasana
dan isi pameran menyatu.
Beberapa aspek mendesain Pameran :
Latar
belakang – Maksud – Tujuan
Nama, Tema, Nuansa, Suasana lingkungan
Nama, Tema, Nuansa, Suasana lingkungan
Skala
dan Cakupan luas pameran termasuk jumlah dan profil pengunjung dan peserta. Program
dan kegiatan di dalamnya
Syarat-syarat
khusus yang ditentukan penyelenggara.
Selamat
Bekerja…!
Bekerja keras terus menerus untuk memperbaiki suatu gagasan dengan cara
membuat perubahan pada proses kerja dan hasilnya.
~Bidang Pameran~
(Urip S Riyadi)
(Urip S Riyadi)
0 komentar: