Kalau
kita datang ke suatu pameran, biasanya kita akan menyaksikan berbagai produk
yang dipamerkan. Memang salah satu
fungsi pameran adalah memamerkan produk-produk sebagai hasil kerja suatu
instansi atau perusahaan. Bagaimana
fungsi sebuah pameran bagi BBPOPT
Jatisari? Pada dasarnya memamerkan
produk. Apa produknya?
Produknya
adalah hasil-hasil kajian teknologi yang telah dicapai dan berhasil diterapkan
sebagai metode untuk pengamatan, peramalan, dan pengendalian OPT (P3OPT)
terapan.
Cuma
itu? Tentu masih banyak lagi yang bisa dipamerkan. Profil pameran itu dapat berupa teks maupun
gambar/foto maupun gambar hidup (Video, Film, LCD Proyektor).
Dari
paparan tersebut diatas, maka kegiatan dalam pameran menjadi multidimensi. Kegiatan umumnya adalah sama seperti pada
pameran lainnya, yaitu memasang panel-panel yang berisi metode-metode
strategis, data-data capaian, foto2 kegiatan yang relevan dan sebagainya. Kegiatan lainnya misalnya saja, dapat dibuka
kesempatan berdiskusi untuk tukar menukar ide dan pengalaman tentang
upaya-upaya pengendalian OPT spesifik lokasi.
Dalam
hal ini pemandu pameran diharapkan menguasai segala hal yang berkenaan dengan gerak langkah dalam rangka pengembangan teknologi P3OPT, antara lain filosofi,
metode, langkah2 strategis dan sebagainya.
Dalam
diskusi dapat digunakan alat peraga dalam panel2 yang dipamerkan. Promosi upaya pengamatan, peramalan, dan
pengendalian OPT dapat pula dipaparkan melalui media audio maupun audio visual.
Sebagai
daya tarik bagi pengunjung dapat pula diselenggarakan kuis dengan hadiah yang
sederhana yang bercirikan instansi, contoh hadiah topi atau kaos. Pada dasarnya kuis akan memaksa pengunjung untuk mencermati isi pameran, karena
jawaban-jawabannya ada pada panel yang dipamerkan. Kuis ini bersifat harian, artinya setiap hari
isi kuis berubah. Pemenang diumumkan
pada petang hari dan hadiah diberikan secara langsung.
Dengan
banyaknya bentuk kegiatan yang dapat dikembangkan tersebut maka boleh dikatakan
bahwa pameran merupakan sebuah “Multi Facet” bagi etalase upaya2 peramalan dan
pengendalian OPT dibeberapa komoditas.
Artinya, pameran dapat diberi WAJAH
yang banyak agar pesan2 yang disampaikan menjadi lebih mudah untuk diterima
karena disampaikan dalam suasananya yang lebih santai dan menghibur. (USR)***
.
.
0 komentar: