Sekilas Tentang PF2N
13.54 | Author: Urip SR
Logo PF2N 2014 di Makasar (Repro)
PF2N merupakan momentum istimewa bagi pelaku bisnis hortikultura yang bertujuan untuk mengangkat eksistensi pengembangan hortikultura nusantara sebagai komoditas komersial. Pameran ini merupakan ajang Pameran Hortikultura Indonesia berskala internasional yang menjadi agenda tahunan nasional Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian. Berawal hanya untuk Flori Indonesia (Pekan Flori Nasional/PFN) yang dilaksanakan di Tomohon (2008), kemudian dilengkapi dengan buah, sayur dan tanaman obat sehingga menjadi Pekan Flori dan Flora Nasional (PF2N) yang diselenggarakan di Banten (2009), di Batam (2010), di Bali (2011), di Medan (2012), di Yogyakarta (2013).
Pada tahun 2014 Kota Makasar Provinsi Sulawesi Selatan yang tepatnya lokasi PF2N di Taman Maccini Sombala of Indonesia mendapat kehormatan menjadi tuan rumah untuk penyelenggaraan PF2N yang ke - 7 dengan mengambil tema : “Hortikultura Ramah Lingkungan Menjawab Tantangan Abad XXI”. Dipilihnya Kota Makasar sebagai lokasi penyelenggaraan PF2N 2014 karena kota ini dinilai memiliki potensi yang luar biasa untuk mendukung kemajuan hortikultura nasional melalui berbagai sumber daya yang dimilikinya antara lain potensi sumber daya manusia, potensi pariwisata dan budaya serta potensi sumber daya ekonomi kreatif lainnya. Dengan berbagai potensi dan keunggulan yang dimilikinya, Makasar diharapkan bisa menjadi show window pengembangan hortikultura nasional.
Pekan Flori dan Flora Nasional 2014 merupakan hasil kerjasama antara Kementerian Pertanian, Dinas Pertanian Provinsi Sulawesi Selatan, Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Pertanian Kota Makasar dan Event Organizer. Berbagai kegiatan yang digelar antara lain pameran, jambore varietas, bursa, aneka lomba, kursus, workshop, seminar, talkshow, perijinan terpadu, kontak bisnis, temu investasi, agrowisata, pawai kendaraan hias dan dimeriahkan dengan berbagai kesenian tradisional.
PRODUK YANG DIPAMERKAN
•    Aneka varietas unggul tanaman hortikultura (Buah, Sayuran, Tanaman Obat, Florikultura), oleh pelaku usaha, petani, Pemerintah Kabupaten/Kota, Provinsi dan Pusat.
•    Aneka produk hortikultura bermutu, oleh pelaku usaha, petani, Pemerintah Kabupaten/Kota, Provinsi dan Pusat.
•    Aneka produk olahan hortikultura termasuk hasil industri produk kesehatan, herbal dan kecantikan, oleh pelaku usaha, petani, Pemerintah Kabupaten/Kota, Provinsi dan Pusat.
•    Aneka model lanskap/taman
•    Teknologi maju budidaya dan penanganan pascapanen hortikultura
•    Teknologi pengendalian hama terpadu (PHT) dan ramah lingkungan
•    Sarana budidaya hortikultura (media tanam, saprodi, alat dan mesin, dll)
•    Sarana penanganan pascapanen (alat panen, alat angkut, pengemasan, dll)
AGENDA KEGIATAN PF2N 2013

1. Pameran Hortikultura Nasional
Kegiatan pameran menampilkan hasil-hasil pengembangan hortikultura (buah, sayuran, tanaman obat, florikultura) dari Provinsi, Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia, Direktorat Jenderal Hortikultura, Unit Pelaksana Teknis Lingkup Kementerian Pertanian, Pelaku Usaha Hortikultura, Penyedia Jasa dan Sarana Penunjang Hortikultura, Kementerian dan instansi terkait, serta dari berbagai stakeholder pengembangan hortikultura lainnya. Kegiatan ini akan dilaksanakan tanggal 6 – 11 November 2014, Lokasi Utama  Taman Maccini Sombala of Indonesia Kota Makasar Provinsi Sulawesi Selatan
2. Jambore Varietas Hortikultura dan Lanskap (Pertamanan)
Kegiatan ini akan menampilkan berbagai varietas unggulan hortikultura (buah, sayuran, tanaman obat dan florikultura) yang akan dan atau telah dilepas oleh Menteri Pertanian Republik Indonesia/terdaftar serta aneka lanskap/pertamanan dengan aneka jenis florikultura. Masyarakat luas/pelaku usaha hortikultura akan diajak untuk mengenal lebih dekat aneka jenis tanaman hortikultura yang dapat dibudidayakan, baik untuk skala rumah tangga maupun skala komersial. Varietas-varietas tanaman hortikultura tersebut akan ditampilkan dalam berbagai media tanam, sistem tabulapot (tanaman budidaya dalam pot), vertikultur dan sebagainya.
3. Bursa Tanaman, Produk Hortikultura dan Sarana Penunjangnya
Kegiatan ini merupakan ajang transaksi komersial/jual beli tanaman dan produk hortikultura (buah, sayuran, tanaman obat, florikultura) aneka olahan produk hortikultura serta sarana penunjangnya. Kegiatan ini dapat diikuti oleh masyarakat umum, pelaku usaha dan penyedia jasa/sarana penunjang hortikultura lainnya. Bagi calon peserta bursa/penjual/trader yang akanmengikuti acara ini dapat mendaftarkan diri kepada panitia.
4. Seminar, Temu Investasi dan Kontak Bisnis
Seminar bertujuan untuk membahas berbagai isu-isu aktual seputar pengembangan hortikultura yang melibatkan seluruh stakeholder terkait. Temu investasi merupakan ajang bagi masyarakat umum/calon investor untuk memperoleh informasi berkaitan dengan investasi dibidang hortikultura. Sedangkan kontak bisnis merupakan bentuk fasilitasi penyelenggara dalam rangka mempertemukan pelaku usaha hortikultura nasional maupun mancanegara dengan petani/kelompok tani/gapoktan produsen hortikultura di seluruh Indonesia. Diharapkan akan terwujud kemitraan strategis antara pelaku usaha dengan produsen. Jenis kontak bisnis yang akan dilaksanakan meliputi Komoditas Buah, Sayuran, Tanaman Obat dan Florikultura.
5. Kursus – Kursus
Kegiatan kursus ini terbuka untuk masyarakat umum yang berminat untuk menambah pengetahuan dan keterampilan teknis usaha hortikultura.
6. Aneka Lomba
Untuk memeriahkan penyelenggaraan PF2N 2013, akan diselenggarakan aneka lomba dengan peserta pelajar dan masyarakat umum dengan disediakan berbagai macam hadiah.
7. Parade Kendaraan Hias
Untuk memeriahkan pelaksanaan PF2N 2013 akan digelar parade kendaraan hias antara lain :andong tradisional, yang menampilkan kreasi menghias andong sebagai ikon alat transportasi tradisional Makasar. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada saat pembukaan resmi PF2N 2013 pada tanggal 4 Oktober 2013.
8. Gelar Seni/ Budaya
Selama penyelenggaraan PF2N 2013, akan dimeriahkan dengan berbagai atraksi seni dan budaya tradisional, antara lain : gelar tari, gelar musik dan lain sebagainya.
9. Tour Wisata Agro
Panitia menyediakan paket tour wisata agro dengan tujuan obyek-obyek agroekowisata yang ada di Daerah Istimewa Makasar dengan peserta wakil dari Dinas Pertanian Provinsi/Kabupaten/Kota dan peserta lainnya.
10. Pelayanan Perijinan Pemasukan dan Pengeluaran Benih Hortikultura
Selama penyelenggaraan PF2N 2013, panitia menyediakan stand/booth khusus pelayanan perijinan guna memudahkan masyarakat mendapatkan informasi dan pelayanan perijinan khususnya untuk pemasukan dan pengeluaran benih hortikultura.
11. Bursa Kuliner Nasional dan Daerah
Panitia menyediakan stand/booth khusus bagi masyarakat untuk menyajikan aneka kuliner/masakan nasional dan daerah sebagai pendukung penyelenggaraan PF2N 2013. Bagi yang berminat bisa menghubungi panitia/event organizer.
(Sumber: http://hpspf2n2014.hortikultura.pertanian.go.id/)
.
This entry was posted on 13.54 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

1 komentar:

On 16 Mei 2016 21.25 , Vaillant Kombi Servisi mengatakan...

Bilgi için teşekkürler...