Pest List OPT Sirsak
14.38 | Author: Urip SR
Episode Pest List OPT Sirsak di Kab. Boyolali dan Wonogiri
Tanggal 23 s/d 26 November 2009

Dewasa ini di Indonesia terdapat berbagai jenis OPT yang dikategorikan berbahaya oleh negara lain. Terdapatnya OPT tersebut telah menjadi hambatan utama dalam usaha peningkatan ekspor produk pertanian. International Plant Protection (IPPC) mempersyaratkan agar setiap negara anggota WTO menyusun, menyediakan, dan memperbarui secara berkala daftar OPT untuk masing-masing jenis tanaman/komoditas. Disamping itu untuk menghindari hambatan non-tarif berupa peraturan karantina maka persyaratan adanya "Pest List" dari masing-masing jenis komoditas buah-buahan yang diekspor beserta informasinya. Informasi tambahan yang diperlukan antara lain adalah biologi, ekologi, dan inang alternatif masing-masing jenis OPT.
Informasi tersebut akan digunakan oleh negara tujuan ekspor untuk melakukan analisa resiko OPT (PRA, pest risk analysis). Pest List berdasarkan hasil survey (yang didukung oleh adanya bukti spesimen atau "Voucher specimens") dan akan dilakukan pemantauan secara berkala untuk memastikan apakah ada OPT baru yang ditemukan.

SIRSAK (Annona muricata L.)
Famili : Annonaceae

Tanaman sirsak dapat tumbuh di semua tempat sampai ketinggian 900 meter DPL. Sirsak merupakan pohon dengan tinggi dapat mencapai sekitar 8 meter. (Bersambung besok pagi....!!!)
This entry was posted on 14.38 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: