NGEBLOG ITU ADA PESANNYA...
17.40 | Author: Urip SR
Jurnal Nasional (25/1/2009)
Blogger tak sekadar membuat tulisan kepada masyarakat tapi menyuarakan pesan yang mendidik.

"Jadi, orang-orang yang menulis tetap melakukan tindakan nyata bagi orang lain yang membacanya, sehingga tulisan kita mampu membawa pesan yang lebih baik."
Sebuah pesan dari Anandita Puspita sari.
Blognya http://nonadita.dagdigdug.com menang dalam Kompetisi Microsoft Bloggership 2008 yang diselenggarakan Microsoft Indonesia.

Kalimat tersebut diatas adalah cuplikan dari harian Jurnal Nasional (25/1/2009) yang ditulis oleh Wartawati Musdalifah Fachri (musdalifah@jurnas.com).
Semua yang membaca tentu sepakat dengan yang diutarakan oleh Anandita, karena saya sendiri sejak mulai go - blog (mulai beraktifitas blogging) selalu menulis apa yang ada dalam benakku, disetiap perjalanan dinas ke luar daerah ataupun dalam kesendirian dirumah tak lupa dari secarik kertas dan pena, untuk sekedar corat-coret agar tidak lupa, kemudian malam harinya dituangkan dalam kertas digital ini. kalau selama ini masih banyak blogger yang hanya isinya curhat, tetapi tak apalah kalau bisa mengelola dengan baik "curhat-curhat" itu bisa sebagai modal awal dalam menulis sebuah cerita pendek, tentang dirimu, kawanmu atau lingkunganmu.
"Menulis surat adalah awal dari sebuah cerita pendek" jadi, jangan menganggap sepele arti sebuah surat (apa itu surat cinta, surat curhat ataupun surat gadai sekalipun ..he..he..he)isi surat biasanya berisi refleksi dari si pembuatnya, kalau kita kumpulkan kemudian kita dalami, lalu improvisasi sedikit, kita poles agar menjadi sebuah cerita menarik, Sebut saja "Laskar Pelangi" karangan Andrea Hirata, yang best seller itu adalah hasil perenungannya semasa kecil, bagaimana memunguti kenangan manis masa kecil kemudian merekam kembali untuk ditulis menjadi karya sastra yang segar dan enak dibaca. Dalam perenungan identik dengan melamun, tetapi dalam hal ini bukan melamun yang "kosong" tetapi melamun yang bermakna artinya dalam lamunannya kita bermain-main dengan topik bahasan, apa yang mesti ditulis.
Bagiku melamun itu bukan pekerjaan sia-sia, karena dari lamunannya itu akhirnya lahir sebuah karya tulis ataupun kreasi yang lainnya.
Saya pribadi selalu melamun membayangkan apa yang mesti saya perbuat, kebetulan saya bekerja berhubungan dengan jurnalistik (sebagai Tim Kreatif di Sebuah Instansi Pemerintah) bagaimana membuat buletin/majalah yang menarik, bagaimana mendisain sebuah poster yang komunikatif, lalu apa yang mesti dibuat dalam brosur atau leaflet, melalui proses pelamunan akhirnya muncul gagasan-gagasan yang berisi. Semuanya bermuara kepada olah pikir kita yang produktif untuk melahirkan ide-ide yang inovatif.
Menulis apapun itu merupakan hobi yang cerdas, karena dengan hobi ini kita menuangkan ide kreatif untuk disuguhkan kepada masyarakat.
Sebagai penutup tulisan ringan ini "Mari jadikan hari-hari kita dengan tulisan" warnai blog kita dengan tulisan-tulisan yang berbobot yang bisa menjadi pencerahan bagi kita semua. Ngeblog itu ada pesannya. Ngeblog..., baik ya.!!?
|
This entry was posted on 17.40 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

2 komentar:

On 27 Januari 2009 17.58 , nonadita mengatakan...

Menulis itu upaya melawan lupa. Lebih jauh dari itu, kita bisa mengingat apa saja kesalahan kita dan ingat pada rencana masa depan.

Lalu kenapa menulis di blog? Supaya kita terdorong untuk menulis sesuatu yang ada manfaatnya buat orang lain :D

Salam kenal juga ya!

 
On 10 Februari 2009 15.23 , rasyid14 mengatakan...

memang begitu, nge-blog itu juga memberikan saran......
kalo nggk ada pesankesan dari konten di blog, apa gunanya ngeblog