Menuju Pekan peramalan OPT # 1
11.55 | Author: Urip SR


Melalui Pekan Peramalan OPT Tanaman Pangan, Kita Masyarakatkan Penerapan Pertanian Ramah Lingkungan
Jatisari, 2630 Agustus 2013

Logo Pekan Peramalan OPT 2013
5 Tahap menyusun Pameran :
   1.    Penelitian (Riset)
   2.    Perancangan (Design)
   3.    Perencanaan (Plan)
   4.    Koordinasi Pelaksanaan (event)
   5.    Penelitian Kembali (Evaluasi)
Tujuan Penelitian Awal :
Memastikan mengapa, untuk siapa, apa, dimana, kapan, dan bagaimana pameran harus dibuat.
Menentukan dengan tepat kebutuhan, keinginan, minat dan harapan serta persyaratanyang akan diterapkan (Penyelenggara, Peserta, pengunjung).
Mengurangi resiko sepi pengunjung dan resiko kejadian lain yang dapat menghambat.
Untuk mengetahui trend baru yang diminati masyarakat (Hasil kajian/teknologi terapan yang disukai petani).
Penelitian tentang “sasaran” :
Mendapat profil sasaran (demografi, psikografi, budaya, dan behavior dari komunitas yang ada)
Memastikan apa yang menjadi keinginan, harapan, dan kebutuhan para stake-holders (termasuk mutu layanan dan layanan saat pelaksanaan).
Mempelajari adanya Trend baru dalam masyarakat.
Stake Holders Pameran :
Penyelenggara (BBPOPT)
Pelaksana Acara (EO) – Semua karyawan/wati BBPOPT
Peserta (Siapa yang diundang untuk mengisi stand?, ada 23 stand ukuran 3x3 m) BBPOPT 2 stand.
Penonton/pub lik/pengunjung (Petani, petugas, pelajar/mahasiswa, dan umum)
Penampil (pengisi acara) Nara sumber dari Instansi terkait, Perguruan tinggi dan Petani berprestasi.
Pemasok (Mitra Kerja) – Perusahaan/Formulator, Instansi, kelompok tani, dll.
Pengamat (Media, Politisi, Umum, dll)
Mendesain Event Pameran :
Dimensi – dimensi dalam pameran (brand & identity)
-     Nuansa, suasana dan dekorasi (Theme, atmosphere, look & feel, design)
-     Food & beverages (Walau bukan yang utama tapi sangat berperan, memilih catering dan peserta pameran yang sesuai)
-     Aktifitas (acara/program/souvenir) : aktifitas utama, aktifitas penunjang, souvenir/memorabilia yang berkaitan dengan identitas pameran.
Komunikasi (Marketing & Promotion, PR & Publication)
-     Materi Pemasaran
-     Strategi Pemasaran
-     Strategi media (Website, Jejaring Sosian (FB, Tweeter)
-     Penyusunan isi (naskah)
-     Desain
-     Implementasi
Kelengkapan dan Petunjuk (Fasilitas & Sign System) 
Identitas Pameran : Gelar teknologi Pengamatan, Peramalan dan Pengendalian OPT (P3OPT) yang ramah lingkungan.
Fasilitas dan petunjuk
-     Akses dan kemudahan transportasi
-     Lokasi (keamanan dan kenyamanan)
-     Kebutuhan umum (Toilet, Parkir dll)
-     Peletakan tanda-tanda petunjuk (Terbaca, Jelas, Cukup jumlahnya)
         Nuansa Dekorasi
-       Berkaitan dengan identitas, tujuan, tema dan profil pengunjung (Masyarakat Tani, Petugas lapang PPL, POPT dll)
-       Pengolahan data dengan kreatifitas dan pengalaman (Logo Event, desain keseluruhan, desain stand dan petunjuk)
-       Suasana dan isi pameran menyatu.
Beberapa aspek mendesain Pameran :
Latar belakang – Maksud – Tujuan 
 Nama, Tema, Nuansa, Suasana lingkungan
Skala dan Cakupan luas pameran termasuk jumlah dan profil pengunjung dan peserta. Program dan kegiatan di dalamnya
Syarat-syarat khusus yang ditentukan penyelenggara.

Selamat Bekerja…!
Bekerja keras terus menerus untuk memperbaiki suatu gagasan dengan cara membuat perubahan pada proses kerja dan hasilnya.
~Bidang Pameran~
(Urip S Riyadi)
This entry was posted on 11.55 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: