Sumber OPT di Internet
14.47 | Author: Urip SR
Info OPT dari pestnet
Mencari informasi OPT – siklus hidup dan ciri untuk identifikasi OPT – yang telah ada di suatu negara akan lebih mudah karena telah ada ahli lokal atau dari luar negeri (entomologis, fitopatologis, ahli karantina, serta ahli kesehatan tanaman) tentang OPT tersebut.  Informasi tentang OPT eksotik dapat diperoleh dari Negara dimana OPT tersebut ada.  Hal ini dapat dilakukan dengan menghubungi departemen pertanian Negara yang bersangkutan (termasuk NPPO) dan mencari publikasi atau mencari informasi melalui internet.  Saat ini telah tersedia berbagai daftar dan database yang dapat diakses untuk memperoleh deskripsi berbagai macam OPT, misalnya CABI Crop Protection Compendium (Kompendium Perlindungan Tanaman CABI).  Dibawah berikut alamat yang bisa diakses;

PestNet (Jaring OPT)
Alamat : www.pestnet.org

PestNet menyediakan jejaring surat elektronik sama dengan ISSG tetapi lebih menekankan pada OPT pertanian.  Tujuan utamanya adalah untuk membantu petugas perlindungan tanaman di Asia Tenggara dan Pasifik.  Topik yang sering didiskusikan adalah identifikasi OPT, permintaan specimen, dan metode pengendalian OPT.
PestNet juga mempunyai situs jejaring yang memuat informasi tentang bagaimana bergabung dalam surat elektronik listserver.b  Ikuti petunjuk pada situs ‘Join PestNet’ pada alamat .  Situs ini juga mempunyai galeri foto berbagai macam OPT.

CAB International (CABI)
Alamat : www.cabi.org

CABI bertujuan untuk menghasilkan, mendeseminasi, dan mendorong penggunaan ilmu pengetahuan dalam bidang ilmu biologi terapan, termasuk didalamnya kesejahteraan umat manusia dan lingkungan.  CABI telah mempublikasikan berbagai buku dan bahan referensi lain yang dapat diakses secara elektronik pada .  CABI mempublikasikan secara komprehensif kumpulan abstrak dari berbagai publikasi ilmiah.  Publikasi tersebut tersedia untuk berlangganan baik melalui CD atau  secara elektronik.

CABI Crop Protection Compedium (Kompedium Perlindungan Tanaman CABI)
Alamat : www.cabicompedium.org/cpc


Kompedium ini memuat fakta tentang berbagai macam OPT.  Pengguna compendium baik CD maupun online harus member ijin penggunaan (lisensi) sebelum program (software) dimasukkan (installed) dalam computer.  Apabila anda menginginkan informasi lebih lanjut atau ingin mencoba secara gratis dapat menghubungi pada alamat .

American Phytopathological Society (APS, Perhimpunan Fitopatologi Amerika)
Alamat : www.apsnet.org

APSNet berisi hasil diskusi tentang pathogen tumbuhan melalui surat berita (newsletters), dan koleksi gambar yang terbatas.  Disamping itu, database tentang daftar OPT pada berbagai macam tanaman dan komoditas juga ada (lihat ‘Common names of plant diseases’ di bawah ‘Online sources’ dan ketik sebuah nama tanaman inang atau OPT).  Perhimpunan juga memproduksi empat jurnal yaitu Phythopathology, Plant disease, Molecular Plant-Microbe Interactions, dan Plant Health Progress.

Animal and Plant Health Inspection Service (APHIS, Pelayanan Inspeksi Kesehatan Tanaman dan Hewan), USDA (Departemen Pertanian Amerika Serikat)
Alamat : www.aphis.usda.gov/ppq/index.html

Jejaring ini terhubungkan dengan standar North American Plant Protection Organization, (NAPPO, Organisasi Perlindungan Tanaman Amerika Utara) juga dengan International Standards for Phythosanitary Measures (Standar Internasional untuk tindakan Fitosanitasi).  Situs tersebut mempunyai beberapa manual untuk spesies OPT invertebrate, dengan informasi penting tentang identifikasi, metode survey dan pengendalian OPT.  Penentuan besaran resiko berbagai OPT untuk komoditas yang akan diimpor ke Amerika Serikat juga tersedia, dan informasi tersebut langsung dapat digunakan untuk memperoleh data kisaran tanaman inang dan metode survey serta informasi yang bermanfaat lainnya.  APHIS juga mempunyai jejaring lain yang sangat bermanfaat, yaitu : yang terhubungkan dengan jejaring lain yang memuat berbagai macam informasi database; misalnya database yang terdaftar dalam kotak ini ada di HEAR dan ISSG, database artikel jurnal, dan beberapa yang terkait dengan serangga air.

Hawaiian Ecosystem At Risk (HEAR, Ekosistem Hawaii Berisiko)
Alamat : www.hear.org


Proyek HEAR bertujuan untuk memberikan informasi dan sumber daya untuk membantu dalam manajemen spesies eksotik invasive di Hawaii dan Pacifik.
Jejaring ini dihubungkan dengan kompedium global tentang gulma dengan alamat .  Kompedium ini mempunyai data tanpa gambar.  Data yang ada menunjukkan betapa sedikitnya informasi yang telah dikumpulkan sampai saat ini.  Data yang dimuat termasuk nama alternative, status OPT, asal-usul, lingkungan ekstrim yang dapat ditoleransi, dan apakah tumbuhan tersebut dibudidayakan atau tidak.

Invasive Species Specialist Group (ISSG, Grup Spesialis Spesies Invasif)
Alamat : www.issg.org

Situs ini mempunyai dua produk penting: daftar spesialis dan database spesies invasive global.
ALIEN-L adalah server untuk surat elektronik (e-mail) dari Komisi Kelestarian Spesies Perserikatan Konservasi Dunia ISSG (ISSG of the world Conservation Union (UICN) Species Survival Commission) yang dikelola oleh SPC.  Ini merupakan forum diskusi tentang semua jenis spesies invasive dengan topic yang sangat luas.  Forum ini juga menjadi media yang mudah untuk dapat menanyakan berbagai hal pada kelompok ahli.
Untuk bergabung dengan kelompok tersebut kirimkan surat elektronik ke   dengan mengisi kata ’join’ pada kotak subjek surat.
Database Spesies Invasif Global (Global Invasive Species Database) memuat informasi tentang spesies tumbuhan dan hewan yang mengancam diversitas.
Database dapat ditemukan pada www.issg.org/database/welcome.

Semoga bermanfaat...

Sumber:
Pedoman surveilensi OPT di Asia dan Pasifik
Australian Centre for International Agricultural Research

.
This entry was posted on 14.47 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: