SEHARI DI NGAWI...
21.08 | Author: Urip SR
Perjalanan akhir bulan Januari berakhir di Kabupaten Ngawi , waktu yang teramat singkat saya pergunakan sebaik mungkin agar bisa mengenal lebih dekat kota Ngawi yang merupakan kota di Jawa Timur yang letaknya paling Barat berbatasan dengan Propinsi Jawa Tengah.
Kota ini mempunyai Luas wilayah seluas 1.298,58 km2, di mana sekitar 40 persen atau sekitar 506,6 km2 berupa lahan sawah.
Topografi wilayah ini adalah berupa dataran tinggi dan tanah datar. Tercatat 4 kecamatan terletak pada dataran tinggi yaitu Sine, Ngrambe, Jogorogo dan Kendal yang terletak di kaki Gunung Lawu. Secara administrasi kota Ngawi berbatasan dengan Kab. Grobogan, Kab. Blora (Jateng) dan Kab. Bojonegoro (sebelah utara), sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Madiun. Sebelah Selatan: Kabupaten Madiun dan Kabupaten Magetan. Sebelah Barat: Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Sragen (Propinsi Jateng).
Tidak ada yang istimewa di Kota kecil ini, seperti juga dikota-kota lain disekitarnya, geliat kota Ngawi pada malam hari pun tidak terlalu ramai. Kuliner yang ada tidak banyak memberikan pilihan lain hampir sama , nasi pecel merupakan kuliner khas kesukaan masyarakat Jawa Timur pada umumnya, cemilan khas kota ini hanya tempe kripik, ledre yang begitu banyak dijajakan di pusat jajanan. Waktu yang singkat tidak memberikan keleluasaan untuk berkunjung ke tempat wisata di Kota Ngawi.
Beberapa obyek wisata yang ada tidak satupun dikunjungi seperti Pemandian Tawun, Waduk Pondok, Air terjun Srambang, serta kebun Teh Jamus yang berhawa sejuk dan terdapat Kolam Pemandian di sekitar Perkebunan Teh tersebut. Perkebunan Teh ini terletak di Kecamatan Sine, Selain Kebun Teh Jamus di Kec. Sine Juga ada Bendungan Ndorjo yang lokasinya di Desa hargosari Dsn. Gondorejo. Selain itu terdapat juga situs purbakala Trinil yang menyimpan fosil Pithecanthropus erectus (Manusia kera berjalan tegak) pertama kali di temukan oleh arkeolog Belanda bernama Eugene Dubois.
Barangkali lain waktu pasti akan dikunjungi, sebagai tanda bahwa sudah berkunjung di Kota Ngawi, berfoto-ria di terminal Ngawi yang baru merupakan kenangan yang tak terlupakan yang mengobati rasa ingin tahu yang begitu mendalam.
Tidak terasa sore begitu cepat...dan perpisahan dengan Kota kecil Ngawi pun tidak terelakkan lagi. Sampai Jumpa Ngawi...!!! (USR)***

Ucapan terima kasih:
Kepada Keluarga Bpk. Suwarno ES di Paron dan sikecil Arton.
Teman2 PHP, Edi Purnomo, Toha Maksum, Kukuh, Ratih, Titik dll.
Kebaikan bapak/ibu akan selalu dikenang.
.
This entry was posted on 21.08 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

2 komentar:

On 8 Februari 2010 01.55 , aan mengatakan...

wah asik nih jalan2,,

 
On 4 Mei 2010 14.38 , Clara mengatakan...

Artikelnya bagus, bisa jadi referensi buat liburan.
^_^