Menengok Persiapan MPTHI di Palu
14.10 | Author: Urip SR
Peran MPTHI dalam Mendukung Peningkatan Agribisnis untuk Penguatan Pasar Dalam Negeri.
Kalimat diatas adalah tema Munas MPTHI ke X di Palu, yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 6-8 Nopember 2012.  Sejauhmana persiapan panitia di daerah dalam menyukseskan acara tahunan Munas ke sepuluh masyarakat perlindungan tanaman dan hewan seluruh Indonesia.
Lokasi Munas di pusatkan di Rama garden Hotel Jl. Tanjung Santigi No. 26 Palu 94112 Fax. (0451) 429300 dan lokasi pameran disebelah hotel menggunakan fasilitas parkir milik hotel.
Sekilas MPTHI.
Perlindungan tanaman dan kesehatan hewan merupakan salah satu bidang yang paling luas terkena dampak arus globalisasi.  Tuntutan penyesuaian dan pengembangan bidang tersebut tidak hanya menyangkut factor teknologi, tetapi juga factor organisasi, kelembagaan dan perundang-undangan pada aspek produksi, pasca panen, perdagangan, serta karantina pertanian.  Penyesuaian dan pengembangan bidang perlindungan tanaman dan kesehatan hewan memerlukan upaya yang serius agar petani dan pertanian Indonesia dapat menikmati semaksimal mungkin sisi positif serta terhindarkan dari efek negatif arus globalisasi. 
Upaya tersebut merupakan tugas bersama-sama pemangku kepentingan (stakeholders) yang terkait dengan pembangunan petani dan pertanian, dari masyarakat petani, swasta, pendidik dan peneliti, serta unsur-unsur pemerintahan.
Upaya mengoptimalkan peran perlindungan tanaman dan kesehatan hewan dalam peningkatan martabat petani dan pertanian memerlukan langkah-langkah yang mampu mendorong terjadinya koordinasi dan sinkronisasi antar pemangku kepentingan di Indonesia yang saat ini juga menghadapi tantangan dari kondisi dan perubahan yang terjadi di dalam negeri.  Diantaranya terkait dengan program pelayanan pemerintah yang masih sektoral dan terpencar-pencar, perubahan system hubungan pemerintahan pusat dan daerah, serta perlunya peningkatan kesadaran tentang pentingnya perlindungan tanaman dan kesehatan hewan.
Untuk mendorong terjadinya kebersamaan langkah dalam perjuangan meningkatkan martabat petani dan pertanian Indonesia, diperlukan suatu wadah yang mampu mengakomodasi dan menggalang pemikiran, pandangan, gagasan, aspirasi dan potensi semua pemangku kepentingan perlindungan tanaman dan kesehatan hewan.  Wadah tersebut diberi nama “Masyarakat Perlindungan Tumbuhan dan Hewan Indonesia”.
Selamat bermunas MPTHI ke X di Kota Palu, Sulawesi Tengah.***
.
This entry was posted on 14.10 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

3 komentar:

On 16 Oktober 2012 08.26 , fuadi2205 mengatakan...

SEMOGA SUKSES KANG URIP.....

 
On 17 Oktober 2012 08.25 , Anonim mengatakan...

rencana lokasi pusat pelaksanaan MPTHI nya di mana ya pak?

 
On 20 Oktober 2012 08.03 , Anonim mengatakan...

@Fuadi:..trima kasih Bang...salam..!
Pelaksanaan Munas di RAMA Garden Hotel, Jl. Tanjung Santigi No. 26 Palu, Lokasi pameran disebelah Hotel. Salam...