Pameran yang Produktif & Informatif # 1
09.34 | Author: Urip SR
Publikasi cetak sebagai handout (Foto: Urip)
Kalau kita datang ke suatu pameran, biasanya kita akan menyaksikan berbagai produk yang dipamerkan.  Memang salah satu fungsi pameran adalah memamerkan produk-produk sebagai hasil kerja suatu instansi atau perusahaan.  Bagaimana fungsi sebuah pameran bagi BBPOPT Jatisari?  Pada dasarnya memamerkan produk.  Apa produknya?
Produknya adalah hasil-hasil kajian teknologi yang telah dicapai dan berhasil diterapkan sebagai metode untuk pengamatan, peramalan, dan pengendalian OPT (P3OPT) terapan.
Cuma itu? Tentu masih banyak lagi yang bisa dipamerkan.  Profil pameran itu dapat berupa teks maupun gambar/foto maupun gambar hidup (Video, Film, LCD Proyektor). 
Dari paparan tersebut diatas, maka kegiatan dalam pameran menjadi multidimensi.  Kegiatan umumnya adalah sama seperti pada pameran lainnya, yaitu memasang panel-panel yang berisi metode-metode strategis, data-data capaian, foto2 kegiatan yang relevan dan sebagainya.  Kegiatan lainnya misalnya saja, dapat dibuka kesempatan berdiskusi untuk tukar menukar ide dan pengalaman tentang upaya-upaya pengendalian OPT spesifik lokasi.
Stand BBPOPT di Pameran PF2N (Foto: Urip SR)
Dalam hal ini pemandu pameran diharapkan menguasai segala hal yang berkenaan dengan  gerak langkah dalam rangka pengembangan teknologi P3OPT, antara lain filosofi, metode, langkah2 strategis dan sebagainya.
Dalam diskusi dapat digunakan alat peraga dalam panel2 yang dipamerkan.  Promosi upaya pengamatan, peramalan, dan pengendalian OPT dapat pula dipaparkan melalui media audio maupun audio visual.
Sebagai daya tarik bagi pengunjung dapat pula diselenggarakan kuis dengan hadiah yang sederhana yang bercirikan instansi, contoh hadiah topi atau kaos.  Pada dasarnya kuis akan memaksa pengunjung untuk mencermati isi pameran, karena jawaban-jawabannya ada pada panel yang dipamerkan.  Kuis ini bersifat harian, artinya setiap hari isi kuis berubah.  Pemenang diumumkan pada petang hari dan hadiah diberikan secara langsung.
Dengan banyaknya bentuk kegiatan yang dapat dikembangkan tersebut maka boleh dikatakan bahwa pameran merupakan sebuah “Multi Facet” bagi etalase upaya2 peramalan dan pengendalian OPT dibeberapa komoditas.  Artinya, pameran dapat diberi WAJAH yang banyak agar pesan2 yang disampaikan menjadi lebih mudah untuk diterima karena disampaikan dalam suasananya yang lebih santai dan menghibur. (USR)***
This entry was posted on 09.34 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

1 komentar:

On 20 Mei 2016 15.36 , Bayrak İmalatçısı mengatakan...

Bayrak İmalatçısı olarak sizlere kaliteli ürünler sunmaktayız.