Pameran yang Produktif & Informatif # 2
10.09 | Author: Urip SR
Stand Pameran uk 3x3 m (minimalis) (Foto:Urip)
Untuk menyelenggarakan sebuah pameran dengan wajah seperti dipaparkan diatas perlu persiapan2 yang matang, antara lain :
1. Ukuran lokasi pameran harus cukup memadai sekurang2nya 3x2 meter.  Ukuran ideal adalah bila lokasi terletak di sudut sebuah blok, sehingga ruangan yang diperioleh akan berbentuk L dan biasanya akan memperoleh ekstra panjang sekitar 2 meter.  dengan letak seperti ini maka komposisi ruangan akan lebih mudah untuk diatur.
2. Desain ruangan dapat dibagi menjadi 2 bagian pokok, yaitu bagian yang berisi bahan-bahan visual yang dapat dipamerkan, berupa panel2, barang2 contoh produk, brosur2, leaflet dan poster.  Bagian lain berupa tempat diskusi dapat berupa stage yang agak ditinggikan dari ruangan yang berisi bahan2 visual, ataupun cukup sebuah ruangan yang diberi sekat pendek dengan tempat duduk yang memadai dan unik misal bangku klecil dari potongan kayu bulat, dan sebagainya.  Layar tayangan hendaknya berukuran cukup besar tetapi enak untuk dilihat.


Panel2 informasi yg dipamerkan (Foto: Urip SR)
3. Ruangan pameran perlu dilengkapi dengan pengeras suara yang memadai, pengeras suara ini ditempatkan ditempat yang strategis, cukup jelas dan enak didengar, tidak memekakkan telinga.
4. Alat tayangan umumnya menggunakan proyektor LCD. Tergantung dimana LCD akan ditempatkan. Bila perlu dapat dipersuiapkan kamera video kecil (CCTV) untuk menangkap gambar para pengunjung yang sedang mengamati pameran dan gambarnya langsung ditayangkan di layar.  Efeknya adalah pengunjung menjadi lebih tertarik untuk masuk ke stand pameran.
5. Belakang layar sebaiknya berupa ruangan kecil yang dapat digunakan sebagai studio mikro untuk mempersiapkan program2 tayangan dan audio.
6. Untuk mengetahui jumlah dan variasi latar belakang pengunjung perlu disediakan buku tamu, buku tamu ini sebaiknya dapat mengungkap data sekurang2nya nama, alamat, pekerjaan, kesan dan pesan pengunjung.
7. Bahan serahan (Hand Out) harus dipersiapkan sebaik2nya jauh sebelum pameran dilaksanakan.  Hand out dapat berupa gambaran umum instnsi, ringkasan metode, data2 mutakhir, capaian hasik/produksi/teknologi, dan sebagainya serta profil kelompok tani yang dianggap berhasil menggunakan teknologi terapan.
8. Jika diperlukan dapat ditambahkan lampu2 sorot ukuran kecil untuk tiap2 panel yang dipasang.  Pada sisi depan ruangan pameran dapat dipasangi baliho ukuran besar yang berisi gambar dan pesan singkat sesuai dengan filosofi instansi.  Baliho ini berfungsi sebagai salah satu eye catcher atau daya tarik utama pengunjung disamping audio berupa musik.
Semoga tulisan ringan ini bermanfaat, selamat melaksanakan Pameran.!(USR)***

Trima kasih tak terhingga utk crew INDOK yang dengan profesional membantu menyiapkan ubo rampe setiap Pameran. I Love You......:-)
.
This entry was posted on 10.09 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

2 komentar:

On 7 November 2012 15.56 , Sang Nanang mengatakan...

Mantep pak....sudah lama nggak dolan sini je
Salam Blogger

 
On 11 November 2012 11.37 , Urip SR mengatakan...

O ada tamu Mas Nanang, trima kasih, tar aq sowan ke gubugmu..salam blogger