Ibu Kholipah Perintis Lingkungan (Foto: Urip SR)
Perjuangan seseorang terkadang mengalami perjuangan yang cukup berat bahkan terkadang banyak sekali cibiran masyarakat tentang upaya yang sedang di gelutinya, bagi orang awam mungkin mustahil tetapi bagi yang sedang berjuang tidak ada kata mustahil sebelum apa yang diperjuangkannya membuahkan hasil.
Seperti perjuangan Ibu Cholifah pada saat pertama kali berkiprah sebagai petani alumnus SLPHT tahun 1997, ibu dari dua orang anak ini mencoba mempraktekan ilmunya seperti memberbanyak parasitoid Trichogramma sp, sebagai parasit telur hama padi penggerek batang padi (Scirpophaga sp), dengan tekad ingin memenuhi kebutuhan sendiri bagi sawahnya agar tidak tergantung oleh pestisida dan pupuk pabrikan.  Cholifah dengan mendapat dukungan dari suaminya berhasil mengembangkan parasitoid Trichogramma sp dan membuat pupuk organik padat untuk memenuhi kebutuhan sendiri bagi lahan sawahnya yang hanya seluas 0,5 hektar. (Bersambung)...
.
|
This entry was posted on 10.02 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: