Pengumpulan Kel Telur PBP di sawah (Foto:Urip SR)
Salah satu upaya dalam konservasi musuh alami Penggerek Batang Padi (PBP) adalah inokulasi dan pelepasan parasit baik parasit asal setempat maupun introduksi melalui proses baik parasit asal setempat maupun introduksi melalui proses jalaur parasit antar lapang.  Untuk perbanyakan dan pelepasan parasitoid PBP yaitu Tetrastichus sp. dan Telenomus sp. ada 3 tahapan yaitu :
1. Penampungan parasitoid asal serangga inang (kelompok telur) dari lapang
2. Perbanyakan parasitoid asal serangga inang (kelompok telur) dari hasil pemeliharaan ngengat dalam kurungan, dan pelepasan.
Sedangkan untuk Trichogramma sp. dapat dibiakkan secara massal dengan menggunakan serangga inang alternatif khususnya telur ngengat beras Corcyra cephalonica.  Langkah-langkah yang ditempuh dalam pembiakan dan pelepasan musuh alami ini adalah :
- Menyiapkan media biakan serangga inang alternatif.
- Pengumpulan telur serangga inang alternatif.
- Pembuatan pias.
- Pembiakan massal Trichogramma sp. dan
- Pelepasan
Dalam upaya penerapan pengendalian biologi PBP khususnya pelepasan parasitoid, perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut :
- Pelepasan parasitoid di daerah endemik diupayakan seawal mungkin, agar parasitasi kelompok telur yang sangat tinggi dapat dicapai pada generasi lebih awal.
- Pelepasan parasitoid hendaknya dilakukan pada waktu yang tepat, agar kehadirannya sinkron dengan inangnya.
- Berkembangnya musuh alami dapat dipengaruhi oleh faktor lingkungan, oleh karena itu pelepasannya dilakukan pada waktu cuaca tidak panas dan tidak hujan.
(USR)***



This entry was posted on 10.26 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: