Menghargai Sebuah Proses
11.06 | Author: Urip SR
Membuat Majalah seperti ini butuh Proses
Seringkali kita mendengar ucapan rekan kerja yang sinis akan hasil pekerjaan kita, memandang sebelah mata akan hasil pekerjaan yang telah dicapai.  "Halah pekerjaan seperti itu mah gampang," begitulah ucapan yang sering kita dengar.  Itu disebabkan karena melihat hasil yang sudah ada di depan mata, tidak melihat bagaimana "proses" menuju hasil kerja tersebut.  Pertanyaannya kenapa seperti itu?  Mari kita uraikan disini.
Saat kita mengerjakan pekerjaan pasti di mulai dengan sebuah proses, tidak jarang kita temui proses yang sulit menjalankan sesuatu yang kita sedang kerjakan, terkadang hasil yang tidak maksimal membuat kita tidak menghargai proses yang sejauh ini kita kerjakan, atau ketika berhasil terkadang kita hanya menghargai hasil bukan proses yang kita hargai.
Saya belajar menghargai proses bukan hasil, dengan kita bisa menghargai proses kita tahu betapa penting nya proses atas hasil yang kita capai dengan proses yang baik hasil pun akan baik, dengan proses yang buruk hasil yang kita dapatkan pun tidak akan baik.
Membuat leaflet atau poster misalnya (publikasi cetak) seringkali orang menganggap remeh, padahal dari pekerjaan itu butuh proses seperti : Pertama-tama kita harus memiliki ide atau temanya, kedua membuat perencanaan ukuran kertas, jenis kertas yang akan digunakan, bagaimana lipatan leafletnya, berapa eksemplar dicetaknya? Berapa panjang artikelnya (jumlah karakter atau huruf).  Ketiga menetapkan nara sumber yang akan diwawancarai, mengumpulkan bahan2 pendukung, mendiskusikan dengan orang2 yang berkompeten.  Selanjutnya mulai menulis hingga menjadi draft artikel leaflet, melakukan penyuntingan naskah draft, mencari foto/ilustrasi sebagai pemanis dan penguat leaflet.  Lalu bagaimana mendesain lay out leaflet tersebut hingga koreksi akhir dan akhirnya dicetak.  Itulah perjalanan (proses) membuat publikasi cetak jenis leaflet. Tidak sederhana bukan???
 Dengan tahapan seperti itu semoga kita menghargai sebuah proses. Kita akan tahu betapa kita butuh perjuangan untuk mencapai hasil kerja, betapa kita butuh pengorbanan untuk mencapai semuanya itu.
Sejauh apapun yang anda capai saat ini tidak akan bisa tanpa melalui sebuah proses, anda mendapatkan kehidupan yang layak , anda mendapatkan sebuah kehidupan yang baik , ataupun anda mendapatkan sebuah kesuksesaan yang luar biasa, itu tidak hal layaknya dari sebuah proses yang kita kerjakan sebelumnya , buah kerja keras kita hingga mencapai titik saat ini.
Jangan pernah lupakan proses dari hasil yang kita capai. Itu saja simple kan???
Mau...?!
(USR)***
.

This entry was posted on 11.06 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

2 komentar:

On 30 Juli 2013 13.51 , Buruh Bekasi Bergerak mengatakan...

Hasil yang maksimal didapat dengan proses yang juga maksimal

 
On 1 Agustus 2013 12.40 , Anonim mengatakan...

setuju Mas Bro