TENTANG PF2N DI BATAM
10.01 | Author: Urip SR
Pekan Flori dan Flora Nasional (PF2N)
Batam 15 Juli s/d 22 Juli 2010
(Depan Gedung DPRD Kota Batam/Asrama Haji Batam)

Walaupun acaranya masih sebulan lagi digelar, tetapi persiapan dini sudah dilakukan mulai saat ini, maklum direncanakan saja terkadang kurang memuaskan apalagi kalau mendadak. Kedodoran deh...:-)
Pastinya persiapan kali ini disesuaikan dengan budget yang ada, so pasti yang perlu dibuat adalah tampailan baru (topik) apa yang mau ditonjolkan dalam panel-panel pameran.
Eit...tentu ada yang bertanya-tanya apa itu PF2N..??? Barangkali tidak ada salahnya kalau sedikit diulas biar jelas dan terang benderang (tidak seperti kasus Bank Century) ?.
Apa itu PF2N..???
Pekan Florikultura dan Flora Nasional (PF2N) merupakan acara tahunan yang dirancang untuk memperlihatkan kepada publik bahwa pemerintah baik pusat maupun daerah mempunyai komitmen yang tinggi untuk membangun industri hortikultura di Indonesia.
Berawal dari kegiatan Pekan Anggrek Nasional di Yogyakarta (2002), Bandung (2003), Bali (2004) dilanjutkan dengan International Flora Show di Jakrta (2005) kemudian kegiatan tersebut dikembangkan menjadi Pekan Florikultura di Semarang (2006), Mataram (2007), di Tomohon (2008). Sejak tahun 2009 berkembang menjadi Pekan Flori dan Flora Nasional (PF2N) yang mempromosikan hortikultura Indonesia tidak hanya tanaman hias tetapi juga beragam komoditas hortikultura Indonesia lainnya seperti buah, sayur, dan biofarmaka beserta pendukung industri hortikultura Indonesia. PF2N I (pertama) kota Tangerang dipercaya sebagai tuan rumah pelaksana, sedangkan PF2N tahun 2010 ini, kota Batam dipercaya sebagai penyelenggara Pekan Flori dan Flora Nasional. Dalam Pekan Flori dan Flora (PF2N) ini akan diikuti oleh Pemerintah Propinsi dan Kabupaten/Kota sentra hortikultura dan didukung oleh para pelaku bisnis yang ada di daerah-daerah tersebut.
Melalui penyelenggaraan PF2N secara berkala setiap tahun diharapkan dapat tercipta proses membangun kesepahaman (Commitment building) antara Pemerintah Pusat, Propinsi, Kabupaten/Kota dan para pelaku industri hortikultura.
TUJUAN
PF2N 2010 bertujuan untuk: (1) Memasyarakatkan produk hortikultura nasional (tanaman hias, buah, sayuran dan biofarmaka) kepada para konsumen, dalam upaya peningkatan permintaan pasar dalam dan luar negeri, (2) Meningkatkan citra hortikultura dalam khazanah pemasaran dalam dan luar negeri, (3) Menjadikannya sebagai ajang forum investasi, konsultasi dan kontak bisnis.
PENGUNJUNG
Pejabat dan unsur Pemerintah Pusat
Propinsi dan Kabupaten seluruh Indonesia
Pelaku bisnis Hortikultura (buyers dan Traders)
Atase Perdagangan dan Kedutaan Asing serta perwakilan dagang negara sahabat
Pelajar, mahasiswa dan institusi pendidikan
Wisatawan asing dan domestik
Masyarakat.
ACARA
1. Pameran Produk dan hasil Pembangunan Hortikultura
2. Bursa Produk Hortikultura (Segar, Olahan, benih, sarana produksi, dll)
3. Jambore Teknologi Varietas & Pupuk Organik (Sayuran dan Buah semusim) di Pendopo Balai Agribisnis Sei Temiang.
- Temu Wicara
- Panen Raya
- Workshop
- Demplot
4. Berbagai Lomba:
- Stand Hortikultura
- Merangkai buah, sayuran dan biofarmaka serta tanaman hias
- Makan dan kupas buah serta makan sayur
- Anggrek dan hasil silangan anggrek, dst.
5. Temu bisnis dan kontak bisnis
6. Gerakan makan sayuran (GEMA Sayuran)
7. Parade Mobil Hias Hortikultura
8. Tour Agro and Culture
- Singapura (Anggrek) - Singapura Garden
- Jembatan Barelang/Pulau Galang.
Nah demikianlah sekilas informasi semoga bermanfaat, siapa tahu bisa berlibur di Batam sekalian mampir di acara tersebut ya. Salam..!!! (uripsr@ymail.com)
greener world and healtier life with horticulture
.
This entry was posted on 10.01 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

2 komentar:

On 22 Juni 2010 07.59 , Anonim mengatakan...

maaf,bisa minta info untuk jadwal pasti kegiatannya?tanggal dan waktunya..trimss..

 
On 25 Juni 2010 14.55 , Anonim mengatakan...

Pertemuan/seminar/workshop diisi oleh
1.Direktorat Perbenihan dan Saprodi
2. Direktorat Budidaya Tanaman Sayuran dan Biofarmaka
3. Direktorat Bididaya Tanaman Hias.
4. Ditlin Hortikultura
5. Sekditjen Hortikultura

Tanggal 15 Juli s/d 22 Juli 2010.
Salam...