Gambar Paederus fuscipes musuh alami wereng batang coklat
Dalam penerapan konsep Pengendalian Hama Terpadu (PHT) banyak komponen yang perlu diperhatikan.  Diantara komponen tersebut musuh alami merupakan faktor pengendali biologi yang penting terhadap perkembangan organisme pengganggu tumbuhan (OPT).  Musuh alami ada yang bersifat parasit dan ada pula yang bersifat predator atau pemangsa. Salah satunya adalah Paederus fuscipes yang dijadikan Logo Pekan Peramalan OPT Tanaman Pangan.
Logo Pekan Peramalan OPT Tanaman Pangan yang baru saja berlalu (26-30 Agustus 2013) adalah ilustrasi yang bergambar serangga musuh alami dari spesies Paederus fuscipes.  Serangga ini merupakan musuh alami dari wereng batang coklat (WBC) yang cukup efektif di lahan persawahan.
Paederus fuscipes
(Coleoptera : Staphilinidae)
Ukuran : 7 mm
Ciri-ciri : Sayapnya menutupi setengah atau kurang dari bagian abdomennya.  Ujung perut, sayap dan kepalanya berwarna biru mengkilap sedangkan bagian lainnya berwarna merah.  Ruas-ruas tubuhnya bergaris-garis.
Tingkah laku : aktif mencari mangsa pada malam hari dan dapat berenang di air.
Rentang hidup : 90 - 110 hari.
Tempat hidup : tanaman, air dan tanah.
Jenis mangsa : hama padi.
(K. Yasumatsu, 1982)

Catatan kaki :
Mohon maaf yang sebesar-besarnya pada buku panduan halaman 2 terdapat kesalahan penulisan tertulis "Miscarspis" yang benar adalah Paederus fuscipes, dengan demikian kesalahan sudah diperbaiki. Harap maklum..!!
(uripsr@ymail.com)***

This entry was posted on 09.29 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: