Malang - Pasuruhan dalam Ingatan
09.51 | Author: Urip SR
Episode Jilid ke II : Pengamatan, Peramalan OPT dan Dampak Fenomena Iklim di Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur, tanggal 8 - 10 Desember 2009.
Pandaan adalah sebuah kecamatan berada di Kabupaten Pasuruan, dalam wilayah Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Lokasinya sangat strategis, berada diantara Malang – Surabaya dengan akses menuju berbagai tempat wisata yang banyak dan indah panoramanya.

Di sekitar Kota Kecamatan Pandaan bertebaran obyek-obyek pariwisata seperti Kawasan Tretes, Taman Safari Prigen, Kawasan Trawas, Puncak Gunung Welirang dan Gunung Arjuno, Kebun Raya Purwodadi, dan lainnya.

Kali ini bukan untuk berwisata ria, tetapi akan berkeliling kota Pasuruan dari sudut desa nun jauh dari keramaian, sasarannya adalah hamparan sawah berikut pernak-pernik kehidupan petaninya. Maklum dalam rangka program peningkatan ketahanan pangan melalui kegiatan pengamatan, peramalan OPT dan DFI. Kegiatan ini dilaksanakan dalam hal penguatan perlindungan tanaman, karena perlindungan tanaman mempunyai peranan penting selama proses produksi dalam usaha tani dalam rangka pemantapan produksi pangan.

Pengalaman di lapang selama melakukan surveilans akan menjadi dokumentasi yang tak terlupakan selama menyusuri kota Pasuruan (kalau ingat Kota Pasuruan jadi ingat sama Inul penyanyi dangdut asal Pasuruan yang Fenomenal ini).

Sekilas catatan kaki memulai petualangan kecil menyusuri sudut-sudut persawahan di Kota Pasuruhan dan Malang.

(Bersambung)
.

This entry was posted on 09.51 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: