AKSI TANAM POHON DEMI BUMI
17.32 | Author: Urip SR
Part.4
Catatan Tercecer Selama Mengikuti Amprokan Blogger Bekasi 2010
Tulisan ini sambungan dari "Tuhan Ada Diatas Pohon"

Di satu sisi manusia punya andil atas kerusakan di bumi, namun disisi lain manusia mampu memberi jalan keluar atas persoalan tersebut.
Oleh karena itu, kesadaran dan kesediaan untuk melangkah sekecil apapun itu untuk bumi, tentu menjadi sesuatu yang sangat berarti.
Ajakan, seruan, maupun himbauan untuk peduli pada kelestarian bumi bukan lagi menjadi hal yang baru di telinga. Berbagai kebijakan dan instruksipun di keluarkan untuk mendorong laju pelestarian tersebut.

Misalnya saja pada saat Amprokan Blogger Bekasi (6-7 Maret 2010) berkunjung ke Botanical Garden Jababeka Park yang dipandu oleh Pak Eka Budianta seorang sastrawan, Direktur Eksekutif Tirto Utomo Foundation, Kolumnis Majalah Trubus, Konsultan President Botanical Garden, mengajak para blogger untuk lebih mencintai pohon.
Setelah memberikan presentasi di President University maka aksipun dilanjutkan dengan menanam pohon bersama para blogger mewakili daerahnya masing-masing.
Sebelum aksi tanam pohon, kenduri kecil digelar ditengah pohon dengan bernyanyi bersama "happy birthday pohon...happy birthday pohon...happy birthday pohon... (Lucu ya...ha2...^-^)

Menurut beliau pohon mempunyai hak asasi dan memerlukan perlindungan hidup. Karena ia juga penghasil oksigen yang diperlukan makhluk-makhluk yang bernafas.
Jangan lupa fungsi pohon sebagai tangki air. BUkan hanya akarnya yang mengoptimalkan peresapan air ke dalam tanah, tapi juga batangnya. Dalam batang pohon terkandung air 20 - 40 %. Untuk pohon-pohon di hutan jasanya lebih tinggi lagi. Mereka menjamin cadangan air, menjaga pemukiman dari bahaya tanah longsor, mencegah banjir dan kekeringan.

Pohon juga berfungsi termoregulator, pengatur suhu, agar tidak terlalu panas pada terik siang, dan tidak terlalu dingin pada malam hari. Pohon mengisap racun di udara, menyaring debu, melindungi manusia dari badai, sambaran petir, dan tsunami.
Aksi tanam pohon di Taman Botani di kawasan Industri Jababeka Park II, Cikarang berlangsung meriah. Tiap pohon diberi plakat dengan memuat nama asal Komunitas Blogger, seperti Komunitas Blogger Karawang kebagian menanam pohon Kupu-kupu (Ga pakai malam ya..he :-)), pohon ornamental yang bisa tumbuh besar dan rindang.
Ada juga yang kebagian menanam pohon Maja (Aegle marmelos) yang sering dikaitkan dengan nama Kerajaan Majapahit.

Suatu hal yang sederhana, tetapi dapat memberikan inspirasi. Bukan hanya dalam menyelamatkan pohon-pohon di tengah Kawasan Industri, tetapi juga pohon-pohon yang masih tegak di hutan. Sudah saatnya gerakan cinta pohon ditanamkan kepada para blogger sesuai tema pada Amprokan Blogger Bekasi 2010 "Green Cyber City" dengan langkah nyata melalui tanam pohon, merawat, melindungi dan menjaga pohon besar, langka, dan bernilai tinggi dari segi spritual maupun ekonomi, digalakkan di Bumi Indonesia.
Langkah awal ini dimulai di Kota Patriot Bekasi bersama para Blogger Nusantara.

Selamat Ulang Tahun Kota bekasi ke 103 menuju Green Cyber City
Happy Birthday Kota Bekasi...Happpy Birthday Pohon.....

Salam Blogger...!!!(USR)***
.
This entry was posted on 17.32 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

7 komentar:

On 11 Maret 2010 19.40 , Quinie mengatakan...

pertamaxx ga ya

 
On 11 Maret 2010 19.45 , Quinie mengatakan...

horee pertamax... beuuuh.. sayah ga ikutan menanam pohon karena bis sayah mampir di dormitory mahasiswa pu :), tapi sempet liat sih pelepasan balonnya

 
On 12 Maret 2010 00.01 , Deni mengatakan...

menanam pohon untuk kehidupan.. hehe.. kapan2 kita nanam pohon bareng di depan kantor dinas lingkungan hidup karawang yuk kang.. keliatannya kantor itu gersang.. heeh

 
On 12 Maret 2010 04.43 , Bayu Lebond mengatakan...

Selamat Ulang Tahun Kota bekasi ke 103 menuju Green Cyber City
Happy Birthday Kota Bekasi...Happpy Birthday Pohon.....

 
On 12 Maret 2010 14.29 , Ndoro Seten mengatakan...

betullll....pak!
pohon adalah mitra manusia dalam menjalani hidup!

 
On 12 Maret 2010 18.21 , Anonim mengatakan...

@ Quinie: nah loh..coba kalau ikut pasti deh aku buat postingannya..he eh..:-)
@ Deni, Bayu, Ndoro Seten: Setujuuuuu...Bos..

 
On 17 April 2010 11.07 , Team Ronggolawe mengatakan...

Berkunjung menjalin relasi dan mencari ilmu yang bermanfaat. Sukses yach ^_^ Salam dari teamronggolawe.com