BONEKA DARI BANTAR GEBANG
11.39 | Author: Urip SR
Part.6
Catatan terakhir dari Amprokan Blogger Bekasi 2010

Judul tersebut diatas terinspirasi dari lagu melayu era 70-an yang dipopulerkan oleh Ellya Kadam (Boneka dari India). Ngomong-omong masalah industri mainan boneka tidak terlepas dari boneka barbie dari negeri Paman Sam yang hampir menguasai pangsa pasar di Indonesia.
Seiring dengan pesatnya pangsa pasar mainan, unit usaha kecil menengah (home industri) yang ada di Kec. Bantargebang tetap bergeliat pesat berkompetisi dengan pabrik boneka skala pabrikan.
Pusat industri kecil (UKM) pabrik boneka yang tergabung dalam Himpunan Industri Kecil dan pengrajin Boneka Kota Bekasi disingkat HIKPIB yang terletak di Bantar Gebang tetap eksis dan selalu memenuhi permintaan pasar sesuai selera, desain boneka biasanya menggunakan tokoh-tokoh kartun yang sedang "in" atau digandrungi oleh konsumen baik anak-anak maupun orang dewasa.

Dari usaha ini terbukti menghasilkan pundi-pundi uang yang cukup banyak sehingga peta penyebaran home industri UKM ini tidak hanya di Bekasi tetapi juga merambah sampai Cikampek (Karawang), pengalaman penulis selama mengikuti anjang sana di Sumurbatu Bantargebang selain melihat pabrik sampah juga melihat pabrik boneka. Pabrik boneka yang dinaungi oleh HIKPIB gencar dipromosikan oleh Pemkot dan instansi terkait sehingga gaungnya lebih menggema dibandingkan dengan pabrik boneka dari Kec.Cikampek dan Kec. Kotabaru (masih wilayah Karawang). Disinilah peran Pemerintah Daerah untuk memajukan dan mengekspos keunggulan wilayahnya masing-masing. Barangkali inilah bukti bahwa pengelolaan SDM di Bekasi lebih maju dan tepat sasaran. Mengundang para blogger nusantara berkunjung dan memfasilitasi melalui blogging contest dan menuliskan (kesan/pesan) selama berada di Bekasi. Untuk yang satu ini penulis angkat topi pada komunitas blogger bekasi. Top Markotop...:-).

Sebenarnya UKM boneka yang ada di Bekasi kalau dibandingkan dengan di Karawang (Kec. Cikampek, Kec. Kotabaru) lebih besar disini (Karawang. Red.). Karena di Cikampek dan Kotabaru ada 2 desa hampir semua warganya memiliki home industri boneka dari skala kecil sampai skal besar. Namun kurang tersentuh oleh pihak pemda setempat sehingga gaungnya kurang menggema. Mesin-mesin bordir yang dilengkapi dengan komputer pun sudah melengkapi sarana usaha mereka. Jadi ada kesamaan antara Bekasi dan Karawang dari UKM boneka ini, perbedaan yang menyolok hanyalah pada penanganan yang bersifat menejerial.
Hasil diskusi selama anjangsana menyimpulkan bahwa UKM di Bantargebang dikumpulkan dalam satu wadah yang diberi nama Himpunan Industri Kecil dan pengrajin Boneka Kota Bekasi disingkat HIKPIB. Pihak pemda setempat membantu mensosialisasikan dan memasarkan dengan mengikutsertakan pada setiap event skala regional maupun nasional.
Termasuk mengundang para blogger adalah sarana promosi yang "Pintar" di dunia maya, karena hampir 50% blogger memposting artikel berkaitan dengan acara Amprokan selama di kota Tugu Patriot. Apalagi ada kontes SEO yang berhadiah cukup "Syur" ini menambah rating mengenai kota Bekasi di dalam mesin pencari yang dikelola Paman Google. :-)

Istirahat dulu ya..tar disambung lagi..........................
.
This entry was posted on 11.39 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

5 komentar:

On 18 Maret 2010 01.31 , APX mengatakan...

mantab benget neh...sampai park 6

 
On 5 April 2010 17.07 , download Serba gratisan mengatakan...

numpang links yach,,,,,,,,,, links anda sudah kita pasang di http://bangbom.blogspot.com

 
On 8 April 2010 11.58 , Ndoro Seten mengatakan...

serial ke tujuh cerita tentang opo pak?

 
On 9 April 2010 09.09 , Alrezamittariq mengatakan...

coba kalo merk dagang dari UKM pembuat boneka itu disamakan mas...jadi semua mengusung merk yang sama namun pembuat yang berbeda, terus menyamakan persepsi kualitas di perkumpulan itu..jadi nanti hasilnya akan sama kualitasnya dan gak kalah sama produk impor...
promosi lewat blog memang bagus, hanya saja promosi lewat media - media/ event - event lebih mengena sepertinya mas...

 
On 17 Mei 2016 13.48 , soegiono wijono mengatakan...

Mas maaf boleh tahu Alamat atau menuju ke sentra boneka bantar gebang ? Pastikan dari Bekasi sampai di pasar bantar gebang arah ke mana ya. Makasih