Saat berbuka puasa, saatnya mencicipi takjil yang manis-manis salah satu pilihannya adalah kolak kolang-kaling divariasikan dengan labu ciremai. Buah kolang-kaling dengan kuah gula merah (gula aren) dicampur es pasti lebih segar rasanya.
Kolang-kaling adalah produk dari pohon aren (Arenga pinnata), buah yang muda, dipanen sebagai bahan kolang-kaling. Buah yang muda kemudian direbus selanjutnya dikupas maka akan menampakkan inti biji (endosperma).
Tahap selanjutnya adalah memukul pipih inti biji enau, sebelum merendamnya di larutan air kapur selama beberapa hari. Hasil perendaman berupa kolang-kaling, selain memiliki rasa yang menyegarkan, mengkonsumsi kolang kaling juga membantu memperlancar kerja saluran cerna manusia.
Kolang-kaling memiliki kadar air sangat tinggi, hingga mencapai 93,8% dalam setiap 100 gram-nya. Kolang kaling juga mengandung 0,69 gram protein , empat gramkarbohidrat , serta kadar abu sekitar satu gram dan serat kasar 0,95 gram.
Kandungan karbohidrat yang dimiliki kolang kaling bisa memberikan rasa kenyang bagi orang yang mengkonsumsinya, selain itu juga menghentikan nafsu makan dan mengakibatkan konsumsi makanan jadi menurun, sehingga cocok dikonsumsi sebagai makanan diet.
(Sumber: http://id.wikipedia.org)***
(Foto:dapoerngeboel.blogspot.com)
.
This entry was posted on 14.34 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

5 komentar:

On 17 Agustus 2010 23.03 , Goyang Karawang mengatakan...

apapun makanannya selalu terasa enak pas buka puasa mah ya kang :D

 
On 19 Agustus 2010 11.44 , Yohan Wibisono mengatakan...

Salam Kenal dariku, nice artikel :D Sekalian mau bilang Met Puasa bagi yang puasa. Met sejahtera bagi yang gak njalanin. Semoga selamat & damai dimuka Bumi. Amin :D

 
On 26 Agustus 2010 02.09 , Anonim mengatakan...

@ Goyang Karawang: so pasti..met ibadah puasa.
@ Yohan: salam kenal kembali...

 
On 29 Mei 2011 10.11 , ayha mengatakan...

wah enak nih buat bukpus ramadhan besok..

 
On 8 Januari 2013 10.06 , Toko Online Kalistajaya mengatakan...

kolak maknyuz..