NGABUBURIT DI SITU (DANAU) KAMOJING
15.33 | Author: Urip SR
Sore hari di Situ Kamojing selalu ramai apalagi di bulan Ramadhan tambah ramai. Maklum saja, tradisi "Ngabuburit" yang dilakukan anak-anak muda untuk sekedar menunggu datangnya saat berbuka puasa menjadi acara rutin setiap sore. Melewatkan waktu bersama kawan-kawan dipinggirin situ (danau) Kamojing memang menyenangkan maklum kota Cikampek miskin tempat rekreasi sehingga tumplek blek disini. Macet tentu saja..!!!
Tradisi "Ngabuburit" seperti ini dimanfaatkan oleh sebagian penduduk sekitar untuk berjualan kue-kue takjil (hidangan berbuka). Di pinggiran situ paling ujung anda juga bisa menikmati hidangan sate maranggi (sate khas Jawa Barat). Anda bisa juga menikmati sensasi naik "getek" sejenis perahu dari bambu sambil menjala ikan.
Situ Kamojing adalah danau buatan untuk menampung kelebihan air pada musim hujan, sebagai tandon air di musim kemarau situ ini mampu mengairi sawah ratusan hektar. Sebagai pemasok air irigasi untuk keperluan pertanian situ ini dikelola oleh Perum Jasa Tirta II Seksi Divisi Irigasi Tarum. Saat ini kondisi air mulai menyusut dan dimanfaatkan oleh penduduk sekitar untuk mencari ikan dengan cara memancing dan menjala ikan menggunakan rakit. Hingga pada musim kemarau yang panjang dimana air sudah menyusut habis oleh penduduk sekitar lahan danau sering ditanami padi sebagai lahan persawahan dadakan. Tata kelola situ masih apa adanya, belum tertata untuk keperluan rekreasi padahal pengembangan situ ini bisa dijadikan sebagai tempat wisata air dan pemancingan yang profesional.
Lokasi
Dari arah Cikampek berjarak 2,5 km melalui depan BNI (Yogya Departemen Store) menuju arah Desa Cikampek Pusaka dan Desa Kamojing, wilayah ini masuk Kecamatan Cikampek Kota.
Situ Kamojing terhubung dengan Hutan Percobaan "Kebon Kembang" sehingga menjadi satu paket tujuan wisata alam yang murah meriah. Di Situ Kamojing bagi hobiis pemancing bisa menikmati mancing ikan sepuasnya tanpa dipungut biaya selanjutnya di Kebon Kembang bisa menikmati Panorama Hutan yang teduh dengan pohon-pohon besar yang menjulang tinggi dan semilirnya angin hutan.
Mau...???
.


This entry was posted on 15.33 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

1 komentar:

On 12 Agustus 2010 04.37 , faisal mengatakan...

mantap kang....