KARTUN DAN KRITIK SOSIAL
23.56 | Author: Urip SR
Kartun sesuai dengan sifatnya akan mengungkap secara ringan dan lucu. Karena itu humor merupakan hal yang paling penting dalam kartun. Humor dianggap jembatan komunikasi. Kalau orang sudah tersenyum, lebih mudah bagi kita untuk mulai membuka pembicaraan. Penggunaan kartun dengan maksud sebagai sudut ruang "ice breaker” ditengah padatnya teks berita yang serius. Kartun lelucon dapat membantu perwajahan agar berkesan ringan. Kartun juga sebagai kritik sosial terhadap penguasa atau pejabat publik, dengan sentilan lewat kartun terkadang yang disentilpun ikut tertawa walaupun sentilannya sebenarnya kelewat nyelekit namun yang disentil tidak merasa kesentil.Kritik social para kartunis memang menggambarkan realita yang ada di masyarakat luas yang sekarang lagi terhipnotis sama situs jejaring sosial. Dengan lugas dan lucu kartun Benny dan Mice mengilustrasikan secara sederhana namun sarat makna.
Pun Panji Koming lewat kritik yang cerdas menggambarkan prosesi pemilihan ketua umum sebuah partai politik yang diilustrasikan secara cerdas namun sarat guyon.
Kalau orang sudah tersenyum, lebih mudah bagi kita untuk mulai membuka pembicaraan. Selamat tersenyum semoga tidak senyum sendirian. Haha,,,hihi…hehe…!!! (uripsr@ymail.com)

Kartun copyright: Kompas Minggu (10/1/2010).


This entry was posted on 23.56 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

4 komentar:

On 11 Januari 2010 02.30 , aan mengatakan...

kalo liat kartun Beny n Mice critanya yg menggelitik,kadang senyam senyum sendiri..hehe

 
On 13 Januari 2010 09.32 , march mengatakan...

Blog yang bagus. Salam kenal !
Jangan lupa berkunjung ke : www.bimbinganmu.blogspot.com

 
On 14 Januari 2010 15.44 , saungURIP mengatakan...

Trima kasih atas kunjungannya, kunjungan balik sdh dilakukan silahkan cek TKP. Salam blogger

 
On 4 Mei 2010 13.50 , talitha vania mengatakan...

saya setuju dengan tulisan anda,, menurut saya,, kartun dapat dijadikan sebagai slah satu cara untuk mengkritik sesuatu dengan cara halus,, jadi orang yang dikritik tidak merasa tersinggung... nice..