KETIKA MUSIM TANAM TIBA
21.43 | Author: Urip SR

















Ketika musim tanam tiba, semua bersuka cita turun ke sawah memulai aktifitas menanam padi sebagai sumber penghasilan. Bau lumpur begitu menyemangati mereka saling membantu, anak-anak ceria turun ke sawah menyingsingkan lengan baju berlomba membantu orang tua tuk menghasilkan beras-beras berkualitas buat makan orang-orang kota yang semakin melupakan jasa pak tani. Bagi sebagian besar penduduk Indonesia padi adalah kehidupan. Malai dan bulirnya telah membentuk budaya, pola makan, dan ekonomi berjuta jiwa. Bagi mereka sungguh tak terbayangkan bagaimana menjalani hidup ini tanpa padi.
Sejak berabad-abad yang lalu, padi telah mempengaruhi kehidupan dan budaya jutaan orang Indonesia. Pada suku-suku tertentu, padi mengatur irama hidup yang menjembatani dunia fana dan alam baka. Pada sebagian besar masyarakat, padi telah memberi warna pada pola kebiasaan, kepercayaan, upacara dan perhelatan.(USR)***
.
|
This entry was posted on 21.43 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: