MEMBURU DUKU KOMERING
20.45 | Author: Urip SR
DUKU KOMERING "Buah khas Palembang"

Perjalanan ke Palembang ternyata menghasilkan banyak tulisan yang menarik, selain dari komoditas pangan (padi), catatan yang tercecer lainnya adalah komoditas hortikultura, sepanjang perjalanan kearah Kabupaten Ogan Ilir dan Ogan Komering ILir di pinggir jalan banyak dijajakan buah duku (Lansium domesticum), mengingat kepopuleran duku Palembang yang tersebar di pasar kota-kota besar, seperti Jakarta, Bandung dan Semarang. Hampir semua pedagang kakilima selalu menulis “duku Palembang” atau “duku Komering” di setiap lapak dagangan duku di pinggiran kota. Buah duku menjadi buah ikon kota Palembang. Didaerah mana saja penghasil buah duku di Propinsi Sumatera Selatan ini?
Berikut liputannya:
Duku Palembang merupakan salah satu jenis duku yang sangat terkenal di kalangan masyarakat luas. Sesuai namanya, jenis duku ini memang dihasilkan dari daerah Sumatera Selatan yang beribukota Palembang. Di daerah ini tanaman duku banyak tersebar di Kabupaten Lahat, Musi Banyuasin, Musi Rawas, dan Bangka. Sentra terluas dan yang terbaik jenisnya berasal dari daerah Ogan Komering Ilir (OKI), Ogan Komering Ulu (OKU), dan Muara Enim. Karenanya duku Palembang sering juga disebut duku komering.
Duku merupakan tanaman buah-buahan tropis bertipe iklim basah. Buah ini berasal dari Indonesia dan Malaysia kemudian menyebar ke Vietnam, Myanmar dan India. Nama lain yang sering digunakan untuk Lansium domesticum adalah Aglaia dooko Griffith atau Aglaia domesticum (Coor) Pelegrin. Ada tiga macam spesies Lansium yang mirip satu sama lain, yakni duku, langsat dan pisitan/kokosan (banyak getahnya).
Ketenaran duku Palembang disebabkan oleh keunggulannya dibandingkan jenis yang lainnya. Kualitasnya dapat dicirikan dari kondisi fisik buahnya. Kulit buahnya berwarna bening, bijinya jarang, dan rasanya manis. Dari sekitar 10 – 15 buah duku, biasanya hanya ditemukan satu buah duku yang berbiji.
Jenis duku ini yang dalam bahasa setempat sering disebut langsak, bukan merupakan suatu kultivar dari tanaman duku. Duku yang berkualitas baik ini terjadi karena dukungan faktor lingkungan yang menguntungkan, lahan yang subur, dan iklim yang cocok. Sayang sekali di daerah sentranya, pohon-pohon duku Palembang belum banyak di budidayakan secara intensif. Kebanyakan merupakan pohon yang berumur tua dan merupakan pohon warisan nenek moyangnya. Meskipun demikian dari pohon-pohon tersebut dihasilkan duku dengan jumlah yang cukup banyak. Sehingga pemasarannya tidak hanya di daerah setempat, tetapi banyak dikirim ke Pulau Jawa bahkan diekspor ke luar negeri. (Tulisan terkait lainnya: ”Budidaya Duku Ala Petani Palembang”)

Terimakasih untuk obrolan ringan dengan Pak Imam Muhayani dan Pak Sunarto Kusno Staf Balai Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura Palembang. Mohon koreksi apabila ada salah tulis.
This entry was posted on 20.45 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

5 komentar:

On 27 Desember 2008 09.11 , hartanto mengatakan...

duku palembang sudah gak asing lagi, karna saya pernah tinggal di Lahat. makasih info nya yang menambah pengetahuan tentang duku.

: )

 
On 5 April 2010 23.26 , RESZA mengatakan...

Makasih Informasinya
Silahkan kunjungi BLOG kami http://h0404055.wordpress.com
Terdapat artikel yang menarik dan bermanfaat, apabila berkenan tolong silahkan beri komentar
Salam Kenal dan Terima Kasih

 
On 29 November 2012 06.36 , Toko Online Kalistajaya mengatakan...

enaknya..

 
On 17 Mei 2016 19.51 , Vaillant Kombi Servisi mengatakan...

Vaillant Kombi Servisi olarak sizlere kaliteli hizmet sunmaktayız.

 
On 19 Mei 2016 19.43 , Mr Seo mengatakan...

Mr Seo olarak sizlere yükselme garantisi sunmaktayız.